Tuesday, March 1, 2016

Cinta Lokasi dan Metamorfosa

Beyond Borders. Angelina Jolie berperan sebagai aktivis UNHCR yang menyelamatkan kekasihnya di perbatasan Chechnya. Usai bermain film tersebut, dia jadi peduli dengan nasib para pengungsi. Aktif dalam beberapa kegiatan sosial dan filantropi peduli pengungsi. 
Gambar dari sini
Jolie mengakui bahwa perubahan dirinya dimulai sejak bermain film Lara Croft: Tomb Rider pada tahun 2001. Sejak bermain film tersebut, Jolie berubah menjadi pribadi yang kalem dan aktif dalam kegiatan kemanusiaan hingga PBB menobatkan dirinya sebagai Goodwill Ambassador. Namun, karakter dan panggilan hatinya semakin menguat usai memerankan aktivis perempuan di film Beyond Borders tahun 2003. 

***
The Revenant. Leonardo Dicaprio berperan sebagai suami wanita Indian yang anaknya dibunuh oleh temannya dalam perburuan kulit binatang. Usai bermain film tersebut, dia jadi peduli dengan kelestarian hutan. Leo mendonasikan uangnya untuk reboisasi hutan Sumatera. 
Gambar dari Sini
Melalui yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation, aktor peraih Oscar ini juga mengumumkan sumbangan sebesar US$ 15 juta untuk program pelestarian lingkungan. Di antara program tersebut termasuk pendanaan untuk melestarikan 2,63 hektare hutan di Sumatera. Tempo
Aktor yang baru menerima Crystal Awards dari World Economic Forum tahun 2016 ini banyak mengkritik ulah industri yang merusak alam. Pemikirannya ini tak jauh dari karakter sebagai Glass yang banyak mendapat nasehat dari istri sang wanita Indian. Alam, dalam hal ini hutan, batang-batang pohon memberikan kekuatan, angin membisikkan berbagai pertanda, berbagai tanaman yang menjadi obat maupun makanan, dan beberapa pesan lain tentang mencintai alam. Khas suku Indian.
***
Ketika film berhasil menyajikan fakta yang difiksikan dengan penelitian yang rumit dan menyeluruh. Juga dengan pendalaman filosofi hubungan manusia-manusia, dan manusia-tuhan, dan manusia-alam. Pemain yang menghayati perannya pun jatuh cinta pada karakter dan lokasi setting film, usai membintangi mereka justru 'gagal move on'. Tak pelak, mereka jatuh cinta pada unsur cerita dan berusaha memfaktakan fakta yang difiksikan. Dan seolah ingin terlahir kembali dengan karakter baru yang dipilihnya, di negara saya yang begitu disebut Hijrah. eeaa....

No comments:

Post a Comment