Saturday, February 27, 2016

Perang Agen, The November Man


Sutradara : Roger Donaldson
Produser : Beau St. Clair, Pierce Brosnan, Sriram Dams
Berdasar Buku: There Are No Spies karya Bill Granger

Pemeran Utama
Peter Deveraux : Pierce Brosnan
David Mason : Luke Bracey

Masa pensiun Peter Deveraux sebagai mantan agen CIA tak bisa dinikmati dengan tenang. Sejak kedatangan John Hanley yang memintanya turun gunung menyelamatkan Natalia, wanita masa lalu sekaligus anak dari putrinya, Lucy. Terang saja Peter sulit menolak, John beralasan bahwa Natalia hanya meminta Peter yang membawanya keluar dari Moscow menuju Helsinki. Natalia yang dekat dengan seorang jenderal Rusia, punya satu nama yang hanya bisa diberikan saat dirinya sudah selamat keluar dari Rusia.



Penjemputan Peter ternyata gagal oleh agen CIA yang mendapat perintah 42. Natalia tertembak di perjalanan dalam mobil bersama Peter, satu nama sempat diucapkan Natalia sebelum tertembak, Mira Filipova. Seharusnya bukan lagi urusan Peter untuk mencari Mira Filipova, tapi pesan dari Natalia dan foto-foto yang sempat disimpan di dalam handphone Natalia menjadi misi Peter.

Pencariannya atas Mira Filipova membawa Peter kepada sejarah masa lalu saat bekerja di CIA bersama Hanley dan Weinstein. Sebuah gedung yang diledakkan CIA di perbatasan Rusia dan Chechnya berisi tentara Rusia. Atas meledaknya gedung itu, pihak Chechnya yang dituduh bertanggung jawab sehingga menjadi alasan bagi Rusia untuk menyerang Chechnya. Mira Filipova, anak seorang profesor universitas di Chechnya menjadi saksi perencanaan konspirasi tersebut.
Gambar pinjem dari sini
Berkat kelihaian Peter dan mantan anak didiknya David Mason, Mira Filipova berhasil diselamatkan. Dalam sidang Mahkamah Internasional, Mira memberikan kesaksiannya atas konspirasi keji John Hanley sebagai petinggi CIA dan Arkady Fedorof seorang jenderal Rusia yang bersiap mencalonkan diri sebagai presiden. Meski Arkady lolos dari jerat hukum, tapi dai tidak bisa lolos dari tembakan sniper saat menikmati masa cuti berlayar dengan yacht.

Film yang diadaptasi dari novel There Are No Spies karya Bill Granger (terbit tahun 1987) ini menyajikan keseruan dari awal hingga akhir. Penuh teka-teki sejak siapa dan di mana Mira Filipova hingga permainan watak seluruh tokoh. Hampir semua tokoh memainkan perang dingin di antara orang terdekatnya sekalipun. Masing-masing tokoh memerankan karakter yang kuat dan menonjol. Semua tokoh beraksi menurut keselamatannya sendiri. Gambaran kehidupan agen dan orang yang dekat dengan politisi, "Relationships can be used against an agent"

No comments:

Post a Comment