Thursday, February 4, 2016

Gagal Move On di The Best of Me


SutradaraMichael Hoffman
ProduserJustin Burns
Denise Di Novi
Alison Greenspan
Ryan Kavanaugh
Nicholas Sparks
SkenarioWill Fetters
J. Mills Goodloe
BerdasarkanThe Best of Me
karya Nicholas Sparks
PemeranJames Marsden
Michelle Monaghan
Luke Bracey
Liana Liberato
Gerald McRaney
MusikAaron Zigman
SinematografiOliver Stapleton
PenyuntingMatt Chesse
StudioDi Novi Pictures
DistributorRelativity Media
Tanggal rilis
Ceritanya biasa saja, kisah cinta sejoli masa SMA yang kandas lalu bertemu lagi 20 tahun kemudian. Justru karena biasanya cerita di film ini, biasa dialami banyak orang, menjadi daya tarik film dari novel Nicholas Sparks ini. Banyak orang yang mengalami, cinta masa SMA putus karena dilarang orang tua, karena jarak memisah, karena dilarang guru, dan banyak hal. Dan kisah cinta masa SMA terkadang hanya cinta monyet tapi selalu mematri kenangan. Kebanyakan cinta pertama terkisah pada masa SMA.

Begitu pun kisah Dawson Cole dan Amanda Collier merekah saat SMA. Di sebuah kota kecil, keduanya dibesarkan dari latar belakang keluarga yang jauh berbeda. Dawson anak Tommy Cole seorang bandar narkoba yang terkenal di kotanya. Sebaliknya, Amanda anak keluarga Collier sang bangsawan terkemuka. Meski awalnya Dawson lah yang terpesona dengan kecantikan Amanda, tapi Amanda yang pertama kali mengajak Dawson kencan di sabtu malam. Dawson pemalu dan pendiam merasa tak mungkin bisa bersama Amanda karena Ayahnya yang kerap menyuruhnya melakukan tugas kriminal. Amanda tidak peduli dengan pertimbangan Dawson, baginya, Dawson adalah pemuda yang tampan dan cerdas.

Dawson memang cerdas, meski hidup dalam lingkungan keluarga tanpa sosok ibunya, dia sangat berbeda dengan ayahnya. Dawson kerap dipukul ayahnya karena melawan dan sama sekali tidak menghormatinya. Demi mendapat hidup yang lebih nyaman, Dawson kabur dari rumahnya dan tinggal di rumah Tuck Hostetler atas kemurahan hati pria tua itu. Dia punya cita-cita untuk hidup lebih baik dengan sekolah dan belajar sungguh. Kecerdasannya berhasil meraih nilai SAT tinggi untuk bisa masuk perguruan tinggi ternama. Amanda bersikeras mendukungnya untuk kuliah dengan mendapatkan beasiswa. Tawaran beasiswa dari ayah Amanda, pernah ditolak Dawson mentah-mentah. Syarat beasiswa yang diberikan Collier dengan menjauhi Amanda membuat Dawson muak. Sebagai anak seusianya, dengan berbagai tantangan hidupnya, wajar jika Dawson tak terlalu berharap bisa kuliah.

Hingga suatu hari, Tommy Cole datang ke rumah Tuck dan hendak menjemput Dawson. Tapi Dawson sedang pergi untuk acara kelulusan sekolahnya. Karena hanya Tuck yang ditemuinya, Tommy menghajar Tuck dan merusak kebun bunganya, lalu pergi meninggalkan Tuck tergeletak pingsan. Saat Dawson pulang dan mendapati Tuck penuh luka, tanpa pikir panjang Dawson lalu pergi ke rumah ayahnya dengan senapan terisi peluru. Bobby sepupu Dawson berusaha mencegahnya hingga naik ke dalam truk bersama. Dawson diliputi emosi hingga tak mau mendengarkan Bobby, sesampai di rumah ayahnya, petaka pun terjadi. Perkelahian Dawson dan Tommy menyebabkan senapan meletus dan mengenai kepala Bobby. Bobby pun tersungkur mati seketika. Peristiwa yang mengubah kehidupan masa depan Dawson.

Dawson dipenjara 8 tahun, dia mendapat keringanan karena membantu polisi menangkap ayahnya yang sindikat narkoba. Dia memilih tidak mau menerima kunjungan dari siapapun termasuk Amanda. Meski dia tahu, Amanda setiap hari datang menjenguknya, setiap akhir pekan selama setahun, tak sekalipun Dawson menemuinya. Dawson berpikir dia sudah tak punya masa depan yang baik untuk Amanda. Dia memilih untuk menjalani hidupnya sendiri dan membiarkan Amanda mendapatkan kebahagiaan yang pantas.

Hingga 20 tahun berlalu, keduanya kembali dipertemukan karena surat wasiat Tuck. Tuck meminta keduanya menemui pengacara properti yang ditunjuk. Tuck mewariskan sebuah pondok Vandemere untuk mereka berdua, mau dimiliki bersama atau salah satu pihak bisa membelinya. Inilah titik balik kisah cinta Amanda dan Dawson. Keadaan yang membuat mereka bersama-sama, keduanya tak bisa menahan diri untuk menunjukkan masih saling mencintai. Ciyee,... Gagal move on nih ye,..

Akhir film yang menyesakkan dada karena Dawson akhirnya tewas di tangan ayahnya sendiri. Amanda yang mencoba jujur kepada suaminya bahwa dia tak pernah mencintainya, harus kembali kehilangan Dawson. Dan, cinta mereka memang tak bisa bersatu. Begitulah Nicholas selalu menulis kisah dalam novelnya. Selalu ada tokoh yang mati dalam kisah cinta. Tokoh yang mati dan memberikan semangat bagi orang yang ditinggalkannya. Beberapa film dari novel Sparks kerap mempunyai kesamaan, dan saya selalu menyukai semua karyanya. Sparks seolah berlaku sebagai Tuhan melalui pesan yang ditinggalkan tokoh yang meninggal. Pesan ini berisi nasehat mencintai, dan bagaimana lebih menghargai hidup dengan membahagiakan orang tercinta.

Foto dari: http://vgi.co.id/site/pages/read/12/2015/the-best-of-me-750

No comments:

Post a Comment